Monday, March 4, 2013

Mengatasi Jam Tangan G Shock berembun

dapet info ber,anfaat dr temen di kaskus monggo bagi yg membutuhkan..

jadi IMHO (In My Humble Opinion), berdasarkan pengalaman, terjadinya G-Shock berembun di dalam itu karena adanya uap air yang masuk ke dalam Jam, dan terperangkap di dalam jam tersebut. munculnya embun/uap air di kaca jam mungkin terjadi karena adanya karena adanya perbedaan suhu udara antara suhu didalam jam dan diluar jam sehingga uap air yang masuk tadi menempel pada kaca jam bagian dalam (hal yang sama terjadi kalo agan menghembuskan nafas pada kaca sehingga muncul uap air/embun). oiya, ane pikir tidak ada hubungannya dengan lokasi pabrik pembuatannya yang katanya thailand itu tropis ato apalah, soalnya kedua G-shock ane itu buatan Jepang.

Adanya embun/uapair pada jam tangan menandakan bahwa SEAL/O-ring RING(karet yang mencegah air masuk) sudah mulai kering/getas atau tidak terpasang dengan benar. apabila didiamkan, pada akhirnya jam agan akan kehilangan daya Water Resistance-nya. Ane udah pernah tes pada Gshock ane yg berembun (DW 6630B), ane taruh di bak mandi beberapa menit, dan ternyata memang benar, airnya mulai masuk ke dalam jam, untung ane segera keluarkan dari bak mandi sebelum terjadi kerusakan mesin dan segera ane bongkar untuk mengeluarkan air sekaligus mengeringkan mesinnya dan casenya. Dan benar saja, SEAL/O-Ring nya sudah melar, kering,dan tidak pada tempatnya lagi.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya sangat mudah, pada keadaan jam tidak berembun, agan tinggal buka penutup case belakang, lepas O-ring, lumasi dengan silicone gel(semacam pelumas khusus buat Seal tersebut). Selanjutnya pastikan bahwa SEAL/O-Ring agan sudah terpasang dengan baik pada jalur/tempatnya, pasang kembali caseback dengan hati2,pastikan tekanan pada caseback merata pada seluruh permukaan sewaktu memasang kembali caseback untuk mencegah ter-gencetnya Seal/O-ring sehingga keluar dari jalur/tempatnya. untuk memberikan tekanan yang merata pada saat pemasangan Skrup, bisa dilakukan dengan memasang skrup dengan urutan yang berseberangan, lihat penjelasan dibawah:

Misalkan 1, 2, 3, 4 adalah urutan pemasangan skrup, maka urutan pemasangan skrup pada caseback G-shock menjadi demikian:

[spoiler=gambar]
[img]http://cdn-u.kaskus.co.id/82/v6t98gwt.jpg[/img]
[/spoiler]

dengan langkah2 diatas Insya Allah G-shock agan gak akan ngembun lagi.

NOte:
1.  pelumasan Seal/O-ring merupakan kewajiban untuk menjaga agar SEAL tetap awet, tidak melar dan kedap air. jika tidak mempunyai silicone Gel khusus, bisa digunakan Pelumas lain seperti pelumas mesin ato rantai (berdasarkan pengalaman pribadi), caranya adalah hanya dengan mengoleskan secara merata ke seluruh bagian Seal/O-ring sebelum dipasang kembali.

2. semua aktivitas diatas harus ditunjang dengan alat2 yang memadai, seperti obeng khusus jam dan pinset untuk mengambil/melepas seal dari tempatnya.

3. setelah caseback terbuka, sebaiknya tidak membalik jam tangan agan, biarkan bagian depan jam tetap berada dibawah seperti gambar diatas. hal ini dilakukan untuk mencegah jatuhnya komponen mesin jam yang kecil, seperti Per/Spring untuk Sound. kalo Per/Spring nya jatuh dan agan gak sadar, maka ntar jam agan gak akan bisa bunyi.

demikian curhat dari nubie, semoga bermanfaat buat yang mau coba ngatasin masalah perembunan G-shock sendiri. Well, at least those steps work for me... :Yb:Yb:Yb CMIIW Guys :) :)..

52 comments:

  1. jadi G-Shock original masih tetep bisa berembun ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar gan, misal ada perubahan suhu drastis akan sedikit berembun, trus hilang dengan sendrinya

      Delete
    2. Aneh sih sebenernya jam ori tp kok kuk ngembun....biasa ngembun kalo kena ac atau suhu dingin...tp setelah normal suhu nya jam ga ngembun...aneh jg sih..masak jam g shock baru kepakai blm ada 4thn kalah sama jam casio seri ilumminator yg 200rb an..

      Delete
    3. Minta saran kalo mau bongkar jam g shock seri gd 400 gmana ya kalo ada tutorialnya gitu trima kasih sebelumnya

      Delete
    4. Saya beli seken g300 murah bgt tapi berembun terus..(pantesin murah). Sealnya blm melar sih tapi mungkin dh getas, dan rencanany mo beli sealnya..thks infonya ya agan

      Delete
    5. Perbaiki jam Gshock bisa di @gshockubanyuwangi gan,atau liat YouTube gshockubanyuwangi gan

      Delete
  2. Kalo di rendem dlm beras,apa kita harus membuka komponen jam nya dan membersihkan kaca bagian dlm nya dahulu....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu untuk membuka komponen gan, semoga bermanfaat

      Delete
  3. makasih tutorial jam tangan nya mas.. mudah mudahan jam suami saya g berembun lagi.

    ReplyDelete
  4. Jam ane bbrp hari belakangan begt, suhu panas langsung ngmbun padalah g-shock mudman ane beli ori. Thx infoya semoga bermanfaat.
    Hemm

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang tidak jaminan gan meski ori.. saya punya 2 jam g shock jadi berembun setelah ganti baterai.. di coba dlu aja totornya semoga bermanfaat

      Delete
  5. Jam ane bbrp hari belakangan begt, suhu panas langsung ngmbun padalah g-shock mudman ane beli ori. Thx infoya semoga bermanfaat.
    Hemm

    ReplyDelete
  6. syukurlah berarti memang udah bawaan ya. sy sempat kawatir gshock gw2500b saya rusak krn berembun. kira" d servis jam bs ganti seal ga atau jual silicone gel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penggantian part sendiri ane blm pernah mencoba gan.. karena di kota ane sangat slut utk mencari part g shock original. thx

      Delete
  7. Dw-8800 saya berembun min, abis kena air. Trus kena hawa ac. Kira" pengaruh gak sama waterresist.nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman ane selama berembunya tidak parah saya rasa masih water resist. punya ane gdf-100 berembun awalnya dlu ane pake mandi di pemandian air panas belerang. sampe skarangpun klo kena perubahan suhu drastis masih berembun. tp ane selalu ane pake berenang , hujan hujanan masih aman

      Delete
  8. Klo jam tangan G-shock saya KW super, dan kemarin saya lupa copot pada saat berenang. Dan sekarang mati total. Solusinya apa lebih baik di service atau beli baru saja ? Apa harga servicenya lebih mahal dibandingkan beli baru atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo menurut saya sebaiknya beli lagi aja gan hehe... saran dari ane mending beli merk lokal daripada beli g-shock KW. thank

      Delete
  9. Saya pakai mudman. Baru pakai 1 thn.
    Berembun setiap naik motor & jam terpapar angin. Setelah berhenti, maka embun / kabut di kaca hilang.

    Mohon pencerahannya.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bangat kaya ane gannn..
      Ada saran ngilangin embunnya nga gann?

      Delete
    2. di coba aja di rendem beras gan, barangkali bisa membantu. thanks

      Delete
    3. Apa perlu buka back case ngga ya gan?

      Delete
    4. Sama dgn punya saya...GN 1000 klo naik motor dan hujan ngembun...klo pake renang aman2 aja...kira2 apa solusinya gan....biat gak ngembun klo bawa motor

      Delete
  10. G shock saya juga berembun type ga110 sampai sekarang belum ada solusi. Pertama kali masih bandel di celup di bak mandi sensor juga tetap jalan. Tapi setelah saya iseng bongkar dan pasang lagi. Tiba tiba pas saya masukkan ke bak mandi dan saya angkat langsung berembun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasusnya sama seperti saya, berembun setelah ganti baterai. mungkin waktu di buka secara tidak sengaja ada uap air yg masuk ke jam nya.

      Delete
  11. gan jam G Shock GX56BB ane ber embun jg, trus ane jemur bukan embunya aja yg ilang, jamnya juga ikut ilang. ada solusi ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapin uang 25rb gan, trus order gojek untuk antar ke toko jam terdekat . trimaksih

      Delete
  12. Gan mau tanya dong, kalo misalnya gshock direndem di beras embunnya bener ilang atau cuma sementara? Mohon pencerahannya hehe

    ReplyDelete
  13. Solusi biar gak ngembun, gshock jgn sampe kena air gan, jangan pake pas hujan, mandi, renang atau pas wudhu insyaallah aman, agak ribet sih tapi selama ini gx56bb punyaku aman terkendali dari embun

    ReplyDelete
  14. Untuk jam tangan merk lain misal baru beli belom ada 3 bulan dan garansi dr toko 3 bulan jam bermasalh boleh dikembalikan..solusinya gmn gan dipakek 2 bulan udah ngembun jam tangan ray rucci..

    ReplyDelete
  15. Kalo terkena terik panas sinar matahari saat bersepeda muncul embun stelah dtmpat teduh embunnya ilang tuh kmasukan air kah?? Jam ane G Shock ori gan.

    ReplyDelete
  16. Gan kalau jam tangan ane sering berembun kalau dibawa keluar rumah/ruangan, tadi nya gara" kena air hujan selalu berulang seperti itu, punya solusi gak ya??

    ReplyDelete
  17. Perhatikan juga saat pori kita berkeringat karena pada saat berkeringat pori kita mengeluarkan uap air itu kenapa pada saat beraktivitas jam kita ngembun dilepas terus hilang embun nya

    ReplyDelete
  18. Gr 8900a saya jg suka berembun gan...
    Kalo di pake di terik matahari,atau ruangan ber AC
    Baru seminggu saya beli..

    ReplyDelete
  19. Gshock saya vintage dw-6100 kadang muncul embun & kadang ilang sendiri apakah karena faktor seal & jamnya udah sepuh?

    ReplyDelete
  20. Sama saya juga Mudman G9000, baru 4 bulan, 2 munggu terakhir ini perubahan terlihat seperti keterangan diatas, saya dari pertama beli ajak terjun, kena air, basah gua biarin, kena oli, kena debu, air batubara dll, eh bulan ke 4 mulai Fog layarnya... direndam beras sudah masih eh.... apa saya buka aja ya?

    ReplyDelete
  21. Tadi malam G9000 mudman ane yang baru 4 bulan ane bongkar abis, betul di back cace nya ada uap air, ane bersihin semua di tombol case dll, trus sealnya ane kasih pelumas Oli... udah beres, belum ane tes terjun

    ReplyDelete
  22. sebenernya salah satu penyebab rusaknya seal bisa dikarenakan terkena bahan pembersih / solvent
    contoh solar, bensin, thinner dan sejenisnya
    selama seal/ o-ring nya terbuat dari karet pasti lemah sama bahan kimia tersebut

    ReplyDelete
  23. G shock yg sekarang gak seperti g shock yg dulu.
    dari jaman masih sekolah thn 2003 gw punya g shock sampai sekarang thn 2020 yg artinya udh 13thn masih awet dan gak pernah bongkar² seal, itu jam gak pernah berembun meskipun udara lagi dingin, sekarang gw punya g shock seri baru dan masa pakai baru 2 bln, gw ajak berenang eh dia berembun.
    gw test sama g shock gw yg lama digantung tepat dilobang swing AC split, dan hasilnya G shock yg lama gak berembun sama sekali, sedangkan g shock seri baru udh gak kelihatan angkanya krn tertutup embun. payah dah. Kecewa banget gw

    ReplyDelete
  24. Sama gan.. Kecewa sm g shock ane GA 100, abs ganti baterai berembunnya ga nahan smpe ga kkiatan udh. Kalah performa sm AE 1000 yg ane beli g smpe 300 rb.
    Jangan beli g shock dh kl gt

    ReplyDelete
  25. Bisa ga sih bocor dri kacanya?
    G-shock sya koq kacanya kaya ga rapet ya🤔🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Almarhum bapak saya blg embun di jam ga nguap, tapi turun ke mesin..bener gak?

      Delete
    2. bener om, menurut saya pribada uap air yg sdh terlanjur terjeebak di dlm jam gk bisa keluar, kasusnya klo kita habis ganti baterai jam akan jadi berembun, walaupan gk akan merusak jam tp menggaggu.. kecuali klo memang sealnya ada yg bocor uap air bisa hilang saat di rendam beras..

      Delete
  26. Saya beli seken g300 murrrah bgt tapi ngembun mulu..mo coba kasih silicon di karetnya..mksh agan nasihatnya yahh

    ReplyDelete